Merindukan Sate Blengong dan Kupat Glabed Khas Brebes

 Kemarin saat teman saya bikin wa story tentang sate blengong saya tetiba jadi kangen. Kangen untuk menyantapnya bareng sama almarhum Abah. Kangen momen kebersamaan waktu kuliah dulu, di mana saat saya mudik selalu dijemput sama Abah dan kita berhenti dulu di depan alun-alun Masjid Agung Brebes untuk menyantap sate blengong tersebut.


Awal dengar sih aneh, kok blengong. Apaan sih artinya? Macam itu satenya? Apa beda dengan satu lainnya?


Sebagai warga Brebes, kuliner sate khas brebes jadi daya tarik saat kita berhenti di rest area maupun warung makan yang berjejer sepanjang jalan. Dulu bahkan sebelum ada tol, ada banyak sekali warung sate yang laris manis. Sekarang sayangnya banyak yang sepi. Kecuali mereka yang benar-benar melegenda.


Salah satunya adalah sate blengong yang biasanya dipasangkan dengan kupat glabed.


Namanya memang terdengar cukup aneh, Blengong dan Glabed.


Jadi sate blengong ini adalah sate yang isinya adalah potongan daging mentok yang ukurannya panjang-panjang


lalu kuahnya itu adalah santan pedas dengan perpaduan saus kacang. 


Sate blengong ini kurang sah kalau disantap hanya satenya saja. Perlu dibarengi sama kupat glabed.


Nah, kalau kupat glabed ini sebenarnya hampir sama saja dengan kupat pada umumnya. 

Biasanya disajikan dengan kuah kuning dan kerupuk beras serta tentu saja dikasih awuran goreng bawang merah biar makin sedap.


Momen saya untuk menyantap sate blengong dan kupat glabed ini pasti seringnya saat mudik liburan kuliah dan bersama Ayah saya.


Dulu kan belum ada kereta ya. Jadi mudik itu biasanya  saya menggunakan travel langganan dari tegal. Dari situ biasanya  sudah dijemput sama Abah. Lalu sembari istirahat dulu karena siangnya Abah juga sudah dari kantor, Abah akan menawarkan untuk isitrahat sejenak di alun-alun kota Brebes yang letaknya tidak jauh dari Masjid Agung Brebes. Ya, biar sekalian sholat gitu.


Entah kenapa Abah itu suka banget sama sate ini. Waktu itu malah saya ketagihannya dengan kupat glabednya. Sebagai pecinta opor ayam, saya suka dengan tekstur dan kuah kuningnya yang gurih. 


Ah, saya tetiba kangen Abah dan kangen momen makan bareng sate blengong dan kupat glabed bareng beliau. Besok kalau balik Brebes wajib banget nyicip sate blengong dan kupat glabed nih.




Komentar

  1. Sate blengong aku sukaaaa bangetttttt ❤️❤️❤️. Jadi ceritanya waktu itu mudik ke solo, pas balik Jakarta brenti di Brebes cari makan mba. Tapi masih blank aja mau makan apa. Akhirnya nanya2 Ama security bank gitu, kuliner apa yg wajib dicoba, eh dia KSH sate blengong ini 😄. Kami datangin. Ternyata enak ya Allah 🤤🤤🤤🤤. Tapi sayang kupat glebed aku blm cobain. Pas itu cuma ada sate thok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok besok lagi kudu banget cobain kupat glabednya mba fan. enak juga menurutku... aku juga pengen nyobain lagi nih. Lupa kemarin pas di Brebes malah ga kulineran blas.

      Hapus

Posting Komentar